Telunjuk Dewa Raung

Kali ini admin akan share tentang salahsatu tempat wisata. Sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi sebelah barat daya, terdapat surga tersembunyi di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon yang terdapat air terjun bernama Telunjuk Dewa Raung yang bikin sejuk mata untuk memandang.


Air terjun ini berada di lereng Gunung Raung sebelah timur ini masih terbilang tempat wisata yang baru menjadi destinasi wisata umum di Banyuwangi. Wisata ini baru dibuka sekitar lima bulan yang lalu, dari hasil swadaya warga Desa Sumber Arum. Nah, tentunya tempat ini masih sangat asri dan indah. Menariknya, warga Desa Sumber Arum berinisiatif membuka potensi wisata alam tersebut untuk pembanguna masjid. Selain untuk memperkuat sendi perekonomian warga sekitar.

Untuk menuju ke tempat ini, pengunjung harus menyusuri jalan ditengah ladang tebu milik Perkebunan Tirta Harapan. Jarak tempuhnya sekitar 4 kilometer dari pemukiman warga Desa Sumber Arum dengan kondisi jalan terjal dan naik turun.


Sesampainya di wisata ini , pengunjung cukup membayaar uang parkir senilai Rp. 2.000. Selebihnya, anda bisa menikmati wisata dengan jalan kaki turun ke bawah dan menyusuri tepi jurang. Walaupun terkesan ekstrem, tapi jangan khawatir, jalan setapak yang dibuat warga cukup lebar. Sebaga penuntas lelah, selama turun ke bawah menuju lokasi air terjun, tersedia beberapa spot yang menarik wisatawan untuk dapat duduk-duduk dan menikmati keindahan tempat ini. Rasa takut dengan ketinggian, lelah, bisa jadi akan hilang setelah menikmati jernihnya air, hamparan hijau rumput, dan bukit-bukit lereng Gunung Raung dari ketinggian tersebut.

Sesampainya di bawah, pengunjung akan menyusuri jalanan di sekitar sungai dari lelehan air terjun. Di sana anda tahu mengapa wisata ini disebut Telunjuk Dewa Raung. Dinamakan telunjuk raung karena sama dengan bentuk telunjuk", ujar Dedi.

Sesampainya di puncak perjalanan, anda bisa membasuh muka, atau sekalian mandi di area air terjun. Dijamin anda akan merasakan dingin serta segarnya air di tempat wisata ini.


Wisata air terjun Telunjuk Dewa Raung ini, bisa dikunjungi mulai pukul 07.00 WIB. Petugas keamanan biasanya akan menunggu sampai 6 sore.Tapi jika masih ada yang belum pulang akan di tunggu, maksimal jam 6 sore, "Jelas Hadi, pihak keamanan wisata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Telunjuk Dewa Raung"

Posting Komentar