Wisata Candi Prambanan Yang Indah di Yogyakarta

Jika berbicara tentang tempat wisata tentunya Indonesia tidak kalah menarik akan wisata-wisata yang terdapat di berbagai wilayah di Indonesia. Terutama di Kota Yogyakarta yang terkenal akan candinya. Nah Kali ini saya akan share tentang salahsatu tempat wisata di Kota Yogyakarta yaitu Candi Prambanan.


Candi Prambanan adalah salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun  1991 selain Candi Borobudur. Tidak sama dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, sedangkan Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi Hindu. Meskipun demikian Lokasi dari keduanya berada di Jawa Tengah, dengan adanya candi tersebut membuktikan bahwa rakyat disana dahulu hidup berdampingan dengan rukun meskipun berbeda keyakinan. Kedua candi besar ini juga menjadi bukti kemajuan peradaban manusia pada saat itu karena mampu membangun candi-candi dengan seni arsitektur yang luar biasa tanpa bantuan teknologi canggih.


Awal berdirinya kompleks Candi Prambanan ini memiliki dua kisah yaitu cerita rakyat mengenai Roro Jonggrang dan sejarah dibangunnya candi ini pada masa kerajaan Hindu di Jawa yang diperoleh dari hasil penelitian para ahli. Konon di jaman dahulu ada cerita mengapa disebut Candi Prambanan karena memiliki seribu buah candi karena adanya cerita rakyat Roro Jonggrang, namun sebenarnya hanya ada sekitar 240 candi yang hanya berada di kompleks ini. Tempat wisata ini menghadap timur, tetapi terdapat empat pintu masuk di masing-masing mata angin. Gerbang utama candi ini adalah yang berada di sebelah timur.

Candi Prambanan ini merupakan persembahan bagi Dewa Siwa yang dalam ajaran Hindu dikenal sebagai Dewa Penghancur. Menurut Prasasti Siwaghra yang saat ini disimpan di Museum Nasional Indonesia, nama asli kompleks candi ini adalah Siwaghra yang bersal dari bahasa Sansakerta, yang memmpunyai arti Rumah. Karena candi ini statusnya sebagai candi persembahan untuk Dewa Siwa, maka candi induk ini adalah kompleks candi Dewa Siwa yang mempunyai tinggi 47 meter. Candi induk ini diapit oleh dua candi sekaligus, di antaranya candi Dewa Wisnhu dan Candi Dewa Brahma yang masing-masing mempunyai ketinggian setinggi 33 meter. Dan didepan canddi itu pula terdapat Candi Wahana yang mewakili kendaraan masing-masing dewa. Masih banyak lagi candi-candi yang berada di sekitar kompleks ini di antaranya adalah Candi Kelir, Candi Apit, Candi Patok, dan Candi Perwara. Semua candi ini mengelilingi Candi Trimurti.

Jika ingin menikmati Candi Prambanan dengan cara yang berbeda, datanglah pada malam purnama setiap bulannya pada pukul 20.00-22.00. Pada saat itu, digelar pertunjukan sendratari Ramayana di panggung terbuka trimurti dengan latar ketiga candi dewa yang disoroti lampu. Pertunjukan di panggung terbuka ini hanya dilakukan pada saat musim kemarau, sedangkan pada musim hujan, lokasi pertunjukan dipindahkan ke panggung tertutup. Tentunya sangat menarik bukan?. Dengan adanya ini tentunya kita akan lebih mengenal lagi betapa Luas dan Kayanya negara kita akan keindahan dan keajaibannya. Sungguh luar biasa.


Sama seperti candi-candi yang lain, tempat wisata ini juga terdapat relief bercerita. relief ini pun sama, Anda harus masuk dari pintu sebelah timur kemudian berjalan mengitari Candi Trimurti searah putaran jarum jam. Relief di bagian dalam pagar ini memiliki dua kisah yaitu mengenai Ramayana dan Krishnayana. Untuk menuju ke lokasi ini Anda akan dipandu dan anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan tentang tempat wisata ini atau sejarah candi-candi yang terdapat di kompeks itu sendiri. Maka tidak salah jika tempat ini juga bisa dikatakan tempat pembelajaran akan sejaarah-sejarah di jaman dahulu yang seharusnya bagi pelajar wajib untuk mengetahui tentang wisata-wisata yang terdapat sejarahnya. Maka tak heran jika setiap tahun Candi Prambanan ini ramai dikunjungi oleh para pelajar yang ada di Indonesia. Bukan hanya wisatawan Indonesia, wisatawan asingpun juga berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Anda juga bisa Hunting bagi pecinta fotografi. Anda bisa mengambil gambar dari berbagai sudut Candi Prambanan yang menurut kalian menarik objek untuk kalian potret. Dan pada di malam harinya, tempat wisata ini semakin cantik dengan hiasan lampu-lampu yang menyala dan mengarah ke arah Candi Trimurti. Candi ketiga dewa tersebut tampak berdiri megah denan cahaya keemasan. Wah tentunya bisa menarik perhatian kalian bukan?. Anda bisa berkeliling Kompleks yang seluas 39,8 hektar ini dengan berjalan kaki. Pelataran di kompleks ini ditanami banyak tumbuhan-tumbuhan segar sehingga tampak seperti taman yang luas. Bukan hanya itu, di kompleks ini telah dibangun banyak kios yang menjual suvenir khas Candi Prambanan seperti kaos, gantungan kunci, kalung, gelang, dan sampai miniatur candi.




Denah Candi Prambanan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Wisata Candi Prambanan Yang Indah di Yogyakarta"

  1. k mau nanya, kalau kita ngambil sesuatu yang ada di candi prambanan untuk dibawa pulang akan ada masalah gak yah??

    Rental Mobil Jogja

    BalasHapus